Click the Flag to translate this blog into English =>> English

Sabtu, 09 April 2011

Cara agar CD R dapat dipergunakan menyimpan data berulangkali


Berbeda dengan CDRW yang dapat diisi dan dihapus secara berulang-ulang, CDR ini hanya bisa digunakan untuk menyimpan saja. Ketika kita menyimpan data dengan volume kecil ke CDR, maka CD tersebut sudah tidak bisa dipergunakan untuk menyimpan data lagi. Sehingga sangat tidak efisien. Kita bisa menyiasati agar CD R dapat digunakan untuk menyimpan data atau file berulang kali, jadi bisa lebih irit dan efisien. Program yang biasa dipergunakan untuk burning data ke CD adalah program Nero. Untuk itu trik agar cdr bisa dipergunakan berulang kali ini menggunakan program Nero saja.

1. Seperti biasa buka dulu program Nero
2. Pilih Data kemudian klik Make Data CD 

3. Masukkan data atau file yang akan burning ke CD dengan klik tombol Add dan jika sudah semua klik Next
4. Pada jendela Final Burn Settings aktifkan atau beri tanda centang pada pilihan Allow files to be added later (Multisession disc). Dengan mengaktifkan fitur ini maka CD R shobat akan bisa digunakan untuk menyimpan data lain di waktu yang lain pula.

  5. Klik Burn.
Dengan demikian jika masih ada ruang pada CDR, maka kita bisa menambahkan data atau file ke CDR tersebut, jadi bisa lebih irit mengingat harga CDR sangat jauh lebih murah ketimbang CDRW.

Related search :
Cara CD R dapat dipergunakan lebih dari sekali, cara mengaktifkan multisession disc pada program nero, perbedaan CDR dan CDRW, cara menyimpan data di CD, burning data di CD menggunakan nero.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar