Wednesday, December 14, 2011

Cara Membuat Shortcut Keyboard Untuk Menjalankan Sebuah Aplikasi

Bagi anda yang setiap hari karena tuntutan kerjaannya mengharuskan atau terbiasa mengunakan keyboard, untuk lebih cepat dalam bekerja, maka  setiap bentuk klik mouse akan sebisa mungkin dihindari dan akan lebih banyak menggunakan shortcut-shortcut keyboard untuk menjalankan perintah, termasuk pada saat pertama kali menjalankan sebuah aplikasi.

Untuk membuat shortcut sebuah aplikasi, caranya :
Misalnya kita akan membuat shortcut keyboard untuk Aplikasi Ms. Office Excel
  • Masuk ke Start menu Program dimana MS Word berada (atau mungkin ada di desktop)
  • Klik kanan pada Microsoft Office Excel, kemudian klik kiri pada Properties

  • Pada Tab Shortcut, arahkan kursor ke kolom Shortcut key
  • Tekan tombol Ctrl dan pilih huruf yang ingin dijadikan kombinasi untuk membuat shortcut, misalnya saya memilih huruf E, maka kombinasi shortcut keynya adalah Ctrl+Alt+E
  • Klik  Apply, Klik OK
Sekarang Untuk membuka Ms.Excel sudah dapat dilakukan dengan menggunakan Shortcut keyboard, yaitu dengan menekan tombol kombinasi  Ctrl+Alt+E (contoh)
  • Lakukan langkah yang sama untuk membuat Shortcut keyboard Aplikasi  lainnya, tentu dengan kombinasi huruf yang berbeda, karena tidak mungkin menggunakan huruf yang sama yang telah dipakai.
Semoga Bermanfaat!!!! ;)

Cara Setting Email Gmail di Ms. Outlook

Gmail menyediakan fasilitas POP ( Post Office Protocol)  sehingga kita dapat menggunakan software mail client local untuk dapat menerima dan mengirim e-mail tanpa harus membuka browser untuk membuka Gmail.
Manfaat lebih dengan mengunakan  software email client untuk membuka email adalah akses akan lebih cepat, dan kita bisa membuka email tanpa harus selalu online karena mail akan didownload ke lokal komputer kita.

Berikut adalah cara setting Email Gmail di Microsoft Outlook 2007, ( untuk Ms.Outlook 2003 dan Ms. outlook 2010 pada prinsipnya sama saja, yang berbeda hanya letak menu dan istilah saja )

  • Langkah pertama, masuk / login dulu ke Gmail melalui browser untuk mengaktifkan fasilitas POP-nya.
  • Masuk ke Mail Setting yang berada di sebelah kanan atas
  • Pilih Tab : Forwarding And POP/IMAP
  • Di Menu POP Download, pilih / beri ceklist pada Enable POP (ada 2 opsi  POP, pilih sesuai yang anda inginkan)
  • Klik Save Changes
  • Jalankan Microsoft Outlook
  • Kalau belum ada settingan email sebelumnya, akan tampil  wizard untuk setting new email account. seperti berikut ini :
 
  • Klik Next, Kemudian centang Check Box Manually configure server setting or additional server types.
  • Pilih Internet Email, klik Next
  • ***Pada dialog Internet E-mail Setting isikan : 
          Your Name : isi dengan Nama anda
          E-mail Address : isi dengan email Gmail anda
          Account Type : pilih POP3
          Incoming mail server : pop.gmail.com
          Outgoing mail server (SMTP) : smtp.gmail.com
          User Name  : isi dengan user Gmail anda
          Password : isi dengan password Gmail anda
 
  • Klik pada More Settings
  • Di Tab Outgoing Seeting, beri ceklist pada My outgoing server (SMTP) requires authentication, kemudian klik OK
  • Klik kembali pada More Settings
  • Klik Tab Advanced
          Server Port Numbers
          Pada Incoming Server (POP3) isi dengan 995
          Beri Ceklist  pada This server requires an encripted connection (SSL)
          Outgoing server (SMTP isi dengan 465
          Pada Use the following type of encripted connection, pilih SSL
  • Klik OK
  • Lakukan Tes koneksi, dengan menekan Test Account Setting, kalau setting benar maka akan ada keterangan Completed, pada incoming dan Sent test.
Sekarang Penerimaan dan pengiriman Email Gmail sudah bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Outlook.
  • Kalau sudah ada email sebelumnya, kita lakukan add new email secara manual
  • Klik pada menu Tools, kenudian pilih Account Setting
  • Pada Tab E-mail klik New
  • Beri Ceklist pada Microsoft Exchange, POP3, IMAP, or HTTP , kemudian klik Next
  • Ulangi langkah yang bertada (***) pada langkah sebelumnya !!!
 Semoga Bermanfaat !!! ;)

Saturday, October 22, 2011

Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu File

Anda pernah punya keinginan utuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file? Jika jawabannya YA maka Redirect PDF merupakan software yang bisa anda gunakan untuk melakukannya.
Selain untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk MengEncrypt file PDF yang akan meminta password ketika anda membuka file PDF.
Berikut langkah-langkah bagaimana cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file saja :
  • Pertama, download aplikasi PDF Redirect dari official website-nya disini (Saat melakukan pengujian, kami menggunakan PDF Redirect Versi 2.5.0.2).
  • Install aplikasi yang telah anda download tadi di komputer anda.
 ScrenShoot PDFreDirect Versi 2.5.0.2
  • Cari file PDF yang ingin anda gabungkan.
  • Klik salah satu file PDF dan klik tombol Plus (+) di bagian bawah nama file. Cari file lain yang ingin anda gabungkan dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Tidak ada batasan berapa banyak file yang ingin anda gabungkan.
  • Beri nama file hasil penggabungan pada bagian PDF Output Filename.
  • Tentukan folder dimana anda menyimpan file hasil penggabungan dengan memilih folder seperti saat pertama kali mencari file PDF.
  • Jika diperlukan, beri password pada file PDF tersebut dengan cara mencentang check box pada bagian Security, dan masukkan password dari file PDF anda.
  • Terakhir, klik tombol Save.
Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat !!!

Jika File anda tersebut masih dalam format DOC anda bisa merubah File Doc tadi menjadi file PDF, Baca disini caranya.

follow

Follow My Blog

baner ak

Click the Flag to translate this blog into English =>> English








Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More